HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DAN STUDENT BURNOUT DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 SIDOARJO

  • DYAH MUSTIKA KUSUMA WINAHYU
  • HADI WARSITO WIRYOSUTOMO

Abstract

Peran teman dan orang tua sangat dibutuhkan untuk memberikan dukungan secara positif agar kelelahan tidak sampai membuat siswa mengesampingkan tugas akademiknya. Pengesampingan atau penundaan tugas-tugas akademik inilah yang dapat disebut dengan perilaku prokrastinasi. Penelitian kali ini dilakukan untuk mempelajari secara empiris hubungan dukungan sosial dan student burnout dengan prokrastinasi akademik siswa kelas XI. Populasi untuk penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Sidoarjo tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukakn dengan menggukanan skala penelitian. Hipotesis dalam penelitian ini akan diuji dengan teknik statistik Multiple Correlation. Hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) adanya hubungan negatif dan signifikan antara dukungan sosial dan prokrastinasi akademik siswa kelas XI SMA Negeri 3 Sidoarjo dengan koefisien korelasi R = -0,222, (2) adanya hubungan positif dan signifikan antara student burnout dan prokrastinasi akademik siswa kelas XI SMA Negeri 3 Sidoarjo dengan koefisien korelasi R=0,511, (3) adanya hubungan secara simultan dan signifikan antara dukungan sosial dan student burnout dengan prokrastinasi akademik siswa kelas XI SMA Negeri 3 Sidoarjo dengan nilai koefisien korelasi R=0,511 dan nilai koefisien determinasi R2= 0,261. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dukungan sosial dan student burnout secara bersama-sama berhubungan signifikan dengan prokrastinasi akademik siswa kelas XI SMA Negeri 3 Sidoarjo dan memiliki kontribusi terhadap prokrastinasi akademik dengan sumbangan sebesar 26,1%.

Kata Kunci: korelasi, dukungan sosial, student burnout, prokrastinasi

Published
2020-01-30
Section
Articles
Abstract Views: 710
PDF Downloads: 812