PENERAPAN STRATEGI MODELING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 MENGANTI

  • ARDI KURNIAWAN
  • DENOK SETIAWATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi Modeling Simbolik untuk meningkatkan ketrampilan berbicara siswa kelas X IPS SMAN 1 Menganti Kabupaten Gresik. penelitian ini adalah jenis penelitian pre-experiment design menggunakan rancangan penelitian pre-test post-test one group design. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah angket ketrampilan berbicara. Dalam angket ini memiliki 28 item. Pada penelitian ini terdapat subjek penelitian berjumlah 5 siswa dari kelas X IPS SMAN 1 Menganti Kabupaten Gresik, yang memiliki skor ketrampilan berbicara rendah yang diukur dengan angket ketrampilan berbicara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik non parametrik menggunakan Uji Wilcoxon dengan bantuan program SPSS Statistics 21. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan didapat hasil N = 5 dan x = 0 , maka diperoleh ρ (kemungkinan harga dibawah Ho) = 0,042. Bila dalam ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka 0,042 < 0,05 jadi dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Adanya perbedaan antara pre-test dan post-test yaitu skor post-test lebih besar dibanding skor pre-test. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Modeling Simbolik dapat meningkatkan Ketrampilan Berbicara siswa kelas X IPS SMAN 1 Menganti Kabupaten Gresik
Published
2020-01-30
Section
Articles
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 70