PENGGUNAAN STRATEGI PENGUBAHAN POLA BERPIKIR UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SISWA KETIKA MENDAPAT PANGGILAN KE RUANG BIMBINGAN DAN KONSELING

  • BERNANDHA ARVENDHO

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah ditemukannya siswa yang mengalami kecemasan ketika mendapat panggilan ke ruang bimbingan konseling. Data didapatkan dari hasil PPL II dan juga berdasarkan keterangan dari guru BK.

Tujuan penelitian ini adalah menguji penggunaan strategi pengubahan pola berpikir untuk menguirangi kecemasan siswa ketika mendapat panggilan ke ruang bimbingan konseling. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan eksperimen berupa pre-test dan post-test one group desain. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalah angket yaitu untuk mengidentifikasi siswa yang mengalami kecemasan ketika mendapat panggilan ke ruang bimbingan dan konseling. Populasi penelitian ini adalah kelas X-7 SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya, sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik purposive sampling. Subjek berjumlah 7 siswa yang memiliki kecemasan tinggi pada kelas X-7 SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya.Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji tanda. Hasil perhitungan diperoleh X= 0 dan N= 7. Di dapat p= 0,008 harga ini lebih kecil dari a=0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa strategi pengubahan pola berpikir dapat mengurangi kecemasan siswa ketika mendapat panggilan ke ruang bimbingan pada siswa kelas X-7 SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya.Hasil analisis statistik menunjukkan perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test diketahui bahwa mean pre-test adalah 108, 725 dan mean post-test adalah 81,245 maka selisihnya adalah 27,480. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi penurunan skor kecemasan antara sebelum dan sesudah perlakuan.

 

Kata kunci :      Strategi pengubahan pola berpikir, Kecemasan

Published
2013-07-11
Section
Articles
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 106