PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PERMAINAN SUDOKU WORD GROUP UNTUK MEMBANTU MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SMP NEGERI 6 TUBAN

  • AULIA NUR UMAYA

Abstract

Kemampuan interaksi sosial sangat penting khususnya bagi seorang siswa, karena pada dasarnya manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang selalu akan hidup dalam suatu hubungan keterkaitan dengan individu lainnya. Oleh karena itu dalam kehidupan manusia selalu terjadi interaksi dan ini berarti menunjukkan bahwa manusia harus dapat bekerjasama dengan orang lain.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan layanan bimbingan kelompok teknik permainan sudoku word group untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa kelas VII-G SMP Negeri 6 Tuban.

Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini ialah pre-experimental dengan one group pre-test post-test. Alat pengumpul data yang di pakai adalah angket untuk mendapatkan data kemampuan interaksi sosial siswa yang rendah, dan dokumentasi sebagai data pelengkap. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-G SMP Negeri 6 Tuban yang berjumlah 8 siswa yang memiliki kemampuan interaksi sosial rendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan menggunakan uji tanda. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai ρ = 0,04 lebih kecil dari α = 0,05.

Jadi hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “penerapan bimbingan kelompok teknik permainan sudoku word group dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa kelas VII-G SMP Negeri 6 Tuban dapat diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok khususnya teknik permainan sudoku word group dapat digunakan oleh pembimbing untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa kelas VII-G SMP Negeri 6 Tuban.

Kata Kunci: Bimbingan kelompok dengan teknik permainan (sudoku word group), interaksi sosial

Published
2013-07-11
Section
Articles
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 29