PENGEMBANGAN BOOKLET SELF COMPASSION UNTUK SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 MENGANTI

  • ELA NUR FADILAH
  • WIRYO NURYONO

Abstract

Self compassion adalah kemampuan seseorang untuk memberikan kasih sayang untuk dirinya dengan kebaikan diri, kepeduliaan saat mengalami suatu masalah, kesusahan dan tantangan dalam kehidupan mereka. Permasalahan-permasalahan yang terjadi pada siswa disebabkan dari rendahnya tingkat kebahagiaan, kurangnya rasa optimis dan rendahnya motivasi dalam diri. Booklet mampu memberikan informasi secara lengkap dengan didesain secara menarik agar siswa merasa senang untuk membacanya.

Tujuan penelitian pengembangan ini teruntuk membuat media booklet self compassion untuk mengetahuiiaspek akseptabilitas mencakup 4 aspek yaitu aspek kegunaana, aspekokelayakan, aspek0ketepatan, dan aspek kepatutan.m

Metode pengembangan booklet self compassion menggunakan prosedur pengembangan dari Sugiyono (2017). Penelitian dilaksanakan hingga tahapan ke tujuh dari sepuluh tahapan yakni hingga revisiiproduk dari hasil uji coba produk (kelompok kecil) dengan menggunakan bimbingannkelompok. Uji akseptabilitas dilaksanakan dengan uji ahli materi, kemudian uji ahli media, dan uji calonnpengguna (guruubimbingan dan konseling dan siswa).

Hasil validasi uji akseptabilitas dengan ahlinmateri memperoleh skor 1 terkategori sangat sesuai, pada uji akseptabilitas dengan ahli media memperoleh skor 1 terkategori sangat sesuai, pada uji akseptabilitas uji akseptabilitas calon pengguna yaitu guruubimbingan dan konseling memperolehiskor 1 terkategori sangat sesuai, pada uji akseptabilitas calonnpengguna yaitu siswa rata-rata keseluruhan penilaian memperoleh nilai 97,77% dalamnkategori sangattbaik tidak perlu direvisi..Berdasarkan hasil tersebuttbooklet self compassion memenuhi akseptabilitas. Kemudian hasil uji coba produk (kelompok kecil) dengan pre-test dan post-test memperoleh hasil uji t asymp.sig (2 tailed) mempunyai nilai ρ.=0,004 denganntaraf signifikan 5% atau 0,05. Dikarenakan nilai 0,004 lebihhkecilldari 0,05.maka dapattdiputuskannHaiditerima mengartikan terdapat perbedaan tingkat selfncompassion sebelum dan sesudah perlakuan. Kesimpulannya bahwa media booklet self compassion mampu meningkatkan self compassion pada siswa kelas X IPS 2.

Kata Kunci: Pengembangann, Booklet, Self Compassion, Siswa


Published
2020-04-09
Section
Articles
Abstract Views: 80
PDF Downloads: 291