PEMETAAN SKRIPSI MAHASISWA TAHUN ANGKATAN 2004 PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • LISA ANGGRAENI PERMATASARI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis penelitian, bidang kajian, lokasi penelitian, sumber kajian yang sering digunakan dalam skripsi, serta lama studi mahasiswa tahun angkatan 2004 prodi BK FIP UNESA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimen dengan desain deskriptif. Sumber data penelitian diperoleh dari populasi skripsi mahasiswa tahun angkatan 2004 prodi BK FIP UNESA yang berjumlah 77 skripsi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data skripsi mahasiswa adalah metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik statistik deskriptif.

Hasil analisis data menunjukan bahwa skripsi mahasiswa kurang beragam, hal ini ditunjukan dari hasil penelitian bahwa sebagian besar skripsi mahasiswa meneliti tentang layanan konseling kelompok dengan persentase sebesar 74,0% dalam bidang pribadi siswa dengan persentase sebesar 40,3%, penelitian dilakukan di sekolah menengah atas (SMA) dengan persentase sebesar 83%, menggunakan jenis penelitian kuantitatif sebesar 96,1%, dengan menggunakan desain eksperimen semu dengan 80,7%, dan sumber kajian yang digunakan masih terfokus pada literatur buku dalam negeri. Sedangkan lama studi mahasiswa tahun angkatan 2004 paling banyak mencapai kelulusan di semester ke 10, yaitu 46,4%.

Kata Kunci: Pemetaan Skripsi, Mahasiswa tahun angkatan 2004 prodi BK FIP UNESA

Published
2013-07-18
Section
Articles
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 58