PENGARUH KETERLIBATAN ORANGTUA DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU DISIPLIN SISWA DI SEKOLAH SMKN 6 SURABAYA

  • KIKY ALMIRA MUSTIKANINGTYAS
  • HADI WARSITO WIRYOSUTOMO

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh (1) keterlibatan orangtua terhadap perilaku disiplin siswa di SMKN 6 Surabaya dan pengaruh (2) dukungan teman sebaya terhadap perilaku disiplin Siswa di SMKN 6 Surabaya, dan juga bagaimana keduanya secara bersama-sama mempengaruhi perilaku disiplin siswa di SMKN 6 Surabaya.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mengambil sampel para siswa SMKN 6 Surabaya jurusan tata boga yang dipilih dengan Teknik Propotional Stratified Random Sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 150 siswa. Data dikumpulkan melalui angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi liniear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan nilai T-hitung keterlibatan orangtua (X1) sebesar 2.894 yang mana nilainya lebih besar dari T-tabel dan signifikansi 0,004 yang berarti keterlibatan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku disiplin siswa di sekolah (Y); dan nilai T-hitung dukungan teman sebaya (X2) sebesar 3.179 yang mana nilainya lebih besar dari T-tabel dan signifikansi 0,002 yang berarti keterlibatan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku disiplin siswa di sekolah (Y) , dan dengan uji secara simultan, nilai signifikansi sebesar 0,000 maka keterlibatan orangtua dan dukungan teman sebaya secara bersamaan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perilaku disiplin siswa di sekolah.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sumbangan relatif (X1) keterlibatan orangtua terhadap (Y) perilaku disiplin siswa di sekolah dalam penelitian ini adalah sebesar 46,91%. Sementara sumbangan relatif (X2) dukungan teman sebaya terhadap (Y) perilaku disiplin siswa di sekolah dalam penelitian ini adalah sebesar 53,03%.

Kata kunci : Orangtua, Teman sebaya, Perilaku disiplin.

Published
2020-04-13
Section
Articles
Abstract Views: 281
PDF Downloads: 375