PENERAPAN KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

  • SEKAR NINGRUM
  • HADI WARSITO WIRYOSUTOMO

Abstract

Motivasi belajar yaitu rangkaian usaha yang dapat mengakibatkan dorongan dalam diri individu maupun dari luar, untuk melakukan suatu tindakan belajar, sedangkan konseling realita merupakan suatu konseling yang menekankan pada realita masa sekarang, serta kesadaran dalam bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri tanpa merugikan dirinya ataupun orang lain. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji ada peningkatan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan konseling realita.

Metode penelitian yaitu kuantitatif. Jenis penelitian ini tergolong penelitian eksperimen. Desain penelitian yaitu menggunakan pre experimental one group pre test post test. Pelaksanaan penelitian diadakan di SMP Negeri 29 Gresik pada kelas VII. Subjek penelitian ini yaitu lima siswa kelas VII SMP Negeri 29 Gresik yang memiliki motivasi belajar rendah. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket. Lima siswa yang memiliki motivasi belajar rendah diberikan perlakuan berupa konseling kelompok dan diberikan post test. Setelah itu hasilnya diuji menggunakan uji Wilcoxon dengan bantuan SPSS.

Hasil yang diperoleh yaitu Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0.043, sehingga 0.043 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa antara sebelum dan sesudah penerapan konseling realita.

Kata Kunci: Konseling Realita, Teknik WDEP, Motivasi Belajar
Published
2020-04-13
Section
Articles
Abstract Views: 505
PDF Downloads: 827