PEMETAAN SKRIPSI MAHASISWA TAHUN ANGAKATAN 2005 PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • HANUN NA'IMAH

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bidang kajian skripsi mahasiswa, jenis penelitian, sumber kajian yang digunakan, lokasi penelitian, dan lama studi yang ditempuh mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling tahun angkatan 2005 . Dalam penelitian ini akan dipetakan berdasarkan bidang kajian penelitian, jenis penelitian, sumber kajian, lokasi penelitian yang digunakan dalam skripsi mahasiswa, dan lama stdui yang ditempuh mahasiswa tahun angkatan 2005. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skripsi mahasiswa tahun angkatan 2005 yang berjumlah 95 skripsi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dengan melakukan pendataan (data list) dan daftar checklist. Teknik analisis data yang digunakan adalah jenis statistika deskriptif. Penggunaan statistic deskriptif untuk mencari persentase dari hasil tabulasi data berdasarkan klasifikasi data yang dipetakan.

Dari analisis data yang diperoleh diketahui jenis penelitian yang banyak digunakan adalah jenis Kuantitatif 93,68% dengan menggunakan teknik eksperimen. Untuk bidang kajian yang paling banyak digunakan dalam skripsi mahasiswa adalah kegiatan layanan konseling kelompok sebanyak 64,21% dan bidang bimbingan pribadi sebanyak 34,74%. Dan Sumber kajian yang banyak digunakan adalah buku lokal dengan tahun terbit lebih dari sama dengan lima tahun (≥ 5 tahun), yaitu sebanyak 77, 66%. Lokasi penelitian mahasiswa banyak dilakukan di Sekolah Menengah Atas (SMA) 44,21%. Sedangkan lama studi mahasiswa tahun angkatan 2005 paling banyak mencapai kelulusan dengan menempuh 10 semester, yaitu 48, 70%.

Kata Kunci: Skripsi, Mahasiswa Tahun Angkatan 2005

Published
2013-07-18
Section
Articles
Abstract Views: 86
PDF Downloads: 155