PENGGUNAAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN HUBUNGAN INTERPERSONAL SISWA YANG RENDAH

  • AFIFUDDIN TIRMIDZI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penggunaan teknik sosiodrama untuk meningkatkan hubungan interpersonal siswa yang rendah. Penelitian ini menggunakan rancangan Pre-Experiment berupa One-Group Pre-test and Post-test Design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Angket tersebut digunakan untuk mencari data tentang hubungan interpersonal siswa yang rendah. Perlakuan diberikan pada siswa yang mempunyai hubungan interpersonal rendah di kelas X-1 SMA Darussyahid Sampang dengan teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan kelompok. Berdasarkan hasil Penelitian ini bertujuan untuk menguji penggunaan teknik sosiodrama untuk meningkatkan hubungan interpersonal siswa yang rendah. Penelitian ini menggunakan rancangan uji tanda diketahui bahwa yang menunjukkan tanda positif 8 yang bertindak sebagai N (z), maka diperoleh  p (kemungkinan harga dibawah Ho)=0,004. Bila dalam ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka dapat disimpulkan  bahwa harga 0,004 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan skor hubungan interpersonal siswa yang rendah antara sebelum dan setelah pemberian perlakuan berupa teknik sosiodramapada siswakelas X-1 SMA Darussyahid Sampang”.

Sehingga diperoleh rata-rata pre-test sebesar 110,5 sedangkan rata-rata post-test sebesar 136,625  sehingga diperoleh selisih 26,125. Sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan  Ha diterima, Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor hubungan interpersonal siswa antara sebelum dan sesudah perlakuan, yang berarti skor hubungan interpersonal siswa yang rendah meningkat menjadi skor hubungan interpersonal siswa yang tinggi. Hipotesis yang berbunyi penggunaan teknik sosiodrama dapat meningkatkan hubungan interpersonal siswa yang rendah dapat diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif penggunaan teknik sosiodrama yaitu peningkatan hubungan interpersonal siswa setelah diberi perlakuan.

 Kata kunci: Teknik sosiodrama, Hubungan Interpersonal.

Published
2013-07-22
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 105