PENGEMBANGAN MEDIA MODIFIKASI TRUTH AND DARE CARD INTERAKSI SOSIAL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII E DI SMP NEGERI 29 GRESIK

  • ROWENA ALVA RAMADHANI
  • MOCHAMAD NURSALIM

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi sosial peserta didik lewat media modifikasi Truth and Dare Card interaksi sosial. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 29 Gresik dengan uji coba secara terbatas kepada 5 peserta didik dari kelas VIII E. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode pengembangan Borg and Gall yang memiliki 10 tahapan pengembangan. Pada penelitian ini dibatasi dengan hanya melakukan 5 tahapan yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba awal, dan (5) revisi produk. Jenis data penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui hasil uji akseptabilitas kepada ahli media sebesar 86,46%, ahli materi sebesar 89,32%, ahli praktisi (konselor/guru BK) sebesar 81,77%, dan calon pengguna (peserta didik) sebesar 95% dengan kriteria sangan baik, tidak perlu direvisi. Sedangkan, data kualitatif diperoleh melalui kritik dan saran oleh para ahli dan calon pengguna dan telah selesai direvisi. Sehingga media modifikasi Trurt and Dare Card interaksi sosial dapat dikatakan telah memenuhi kriteria akseptabilitas dengan aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan. Kata kunci : modifikasi truth and dare card, interaksi sosial
Published
2020-05-01
Section
Articles
Abstract Views: 149
PDF Downloads: 662