PENERAPAN TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KETAPANG

  • AZZAH NURLAILA
  • BUDI PURWOKO

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teknik self instruction dapat meningkatkan self esteem siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Ketapang. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest posttest design. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket self esteem. Yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah empat siswa yang memiliki tingkat self esteem paling rendah. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji tanda (paired sample t test) yaitu menganalisis perubahan data sebelum dan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan teknik self instruction. Pada hasil uji tanda keempat subyek mengalami peningkatan (+). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik self instruction dapat meningkatkan self esteem siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Ketapang. Kata Kunci : Self esteem, teknik self instruction, siswa
Published
2020-05-01
Section
Articles
Abstract Views: 139
PDF Downloads: 137