PENGEMBANGAN MODIFIKASI MEDIA MONOPOLI UNTUK PERENCANAAN KARIER PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA 1 DI SMA KEMALA BHAYANGKARI 4 WARU

  • DEWI LARASATI
  • MOCHAMAD NURSALIM

Abstract

Perencanaan karier sangat diperlukan untuk masa depan siswa agar mencapai kesejaheraan dalam hidupnya. Berdasarkan pada permasalahan di sekolah ini bahwa siswa belum memiliki perencanaan karier. Siswa yang belum mempersiapkan rencana karier dengan tepat maka akan berdampak pada peserta didik antara lain peserta didik memilih pilihan studi lanjut secara asal-asalan, memilih pilihan pekerjaan yang tidak sesuai tanpa melihat kemampuan dan potensi yang dimiliki sehingga akan menjerumuskan pada kegagalan karier. Jika permasalahan tersebut tidak diadakannya suatu tindakan penyelesaian, maka perkembangan peserta didik tidak dapat berkembang secara optimal. Hal tersebut akan menyebabkan peserta didik kurang puas atas karier dimasa mendatang karena tidak adanya perencanaan karier pada dirinya. Oleh karena itu, penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bermaksud sebagai preferensi media yang dapat digunakan oleh guru bimbingan dan konseling dalam bantuan layanan bimbingan dan konseling kepada peserta didik khususnya pada bidang karier. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Borg and Gall, namun pada penelitian ini berbatas pada tahap ke lima dari sepuluh tahap pengembangan yakni revisi produk. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan produk yang dikembangkan dan kepraktisan yang dapat ditinjau melalui angket respon siswa yang ditujukan kepada 5 orang siswa yang telah ditetapkan melalui teknik random sampling. Uji validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, praktisi (konselor sekolah), dan calon pengguna (peserta didik). Analisis data dengan menggunakan kriteria skor yang telah ada dengan mengkategorikan persentase penilaian ≥61%. Hal ini dapat dibuktikan dengan data persentase validasi konstruk sebesar 72% yang tergolong sangat baik; validasi isi sebesar 88% yang tergolong sangat baik; dan kepraktisan modifikasi media monopoli yang dapat dilihat melalui hasil angket respon siswa dengan persentase sebesar 91%. Dengan demikian, hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa modifikasi media monopoli untuk perencanaan karier yang dikembangkan ini dinyatakan layak untuk digunakan. Kata kunci : penelitian dan pengembangan, modifikasi monopoli, perencanaan karier
Published
2020-05-01
Section
Articles
Abstract Views: 101
PDF Downloads: 275