KONSELING INDIVIDU TEKNIK BIBLIOTHERAPY UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 MADURAN LAMONGAN

  • FEBRIYANTI ALFARENDRA
  • BUDI PURWOKO

Abstract

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya self esteem yang dialami oleh peserta didik pada bidang sosial. Pesertabdidik dengan self esteembrendah mengalami kecemasan emosional dan selalu memperhatikan dirinya saat di lingkungannya serta merasa khawatir akan bagaimana seseorang dalam melihatnya. Oleh karena itu, tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh teknik bibliotherapy dapat meningkatkan self esteembrendah dengan setting konseling individu. Rancangan penelitian menggunakan teknik pre test dan post test one group. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Maduran mengalami gelaja self esteem rendah yang berjumlah 4 siswa. Analisis penelitian data menggunakan statistik non parametric yaitu uji T. Hasil penelitian pada kolom Sig. (2 tailed) menunjukan hasil 0,000, t Hitung 28,164 dan t Tabelnya 3,182. Pengambilan putusan uji T terhadap hasil F hitung didapat kesimpulan 28,163 > t tabel 3,182. Sehingga disimpulkan analisis data penelitian bahwasanya Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Dengan demikian adanya perbedaan pada rata-rata pre test serta post test tingkat self esteem sebelum dan sesudah konseling individu bibliotherapy. Jadi disimpulkan bahwa konseling individu bibliotherapy dapat meningkatkan self esteem pada peserta didik kelas VIII SMPN 1 Maduran Lamongan. Keyword: Bibliotherapy Techniquie, Self Esteem
Published
2020-05-01
Section
Articles
Abstract Views: 135
PDF Downloads: 664