HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY KARIR DAN PERSEPSI TERHADAP MASA DEPAN KARIR DENGAN KEMATANGAN KARIR SISWA SMK PGRI WONOASRI TAHUN AJARAN 2012/2013

  • LULUK SERSIANA

Abstract

Di dalam rentang kehidupan manusia, terdapat tahapan-tahapan perkembangan yang harus dilalui yang dimulai sejak lahir sampai meninggal. Salah satu dari tahapan tersebut adalah tahapan remaja. Masa remaja merupakan masa transisi dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Dalam tahap perkembangan karir, remaja termasuk dalam tahap eksplorasi.  Pada masa ini harusnya remaja sudah mampu merencanakan dan mengambil keputusan karir. Namun, faktanya banyak siswa Sekolah Menengah Kejuruan masih kesulitan untuk menentukan karir yang sesuai dengan mereka.

Menjawab permasalahan di atas, penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui hubungan antara Self-efficacy Karir dan Persepsi terhadap Masa Depan Karir dengan Kematangan Karir Siswa SMK PGRI Wonoasri Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI SMK PGRI Wonoasri. Sampel penelitian berjumlah 76 siswa. Tehnik pengambilan sampel menggunakan proportional sampel. Tehnik pengambilan data skripsi adalah angket dengan model skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara Self-efficacy Karir dan Persepsi terhadap Masa Depan Karir dengan Kematangan Karir Siswa SMK PGRI Wonoasri Tahun Ajaran 2012/2013 dengan taraf signifikansi 0,000. Self-efficacy karir dan persepsi terhadap masa depan karir secara bersama-sama memiliki hubungan yang linier dan mempengaruhi kematangan karir pada siswa SMK PGRI Wonoasri dengan kontribusi sebesar 66,8%. Sumbangan relatif dan sumbangan efektif Self-efficacy Karir terhadap Kematangan Karir adalah 50,7% dan 0,34%. Sedangkan untuk sumbangan relatif dan sumbangan efektif Persepsi Masa Depan Karir terhadap Kematangan Karir masing-masing dengan nilai 49,3% dan 0,33%. Sehingga diperoleh model persamaan matematik sebagai berikut Y=1,184 +0,537X1+0,620X2..

Kata Kunci: Self-efficacy Karir, Persepsi terhadap Masa Depan Karir, Kematangan Karir

Published
2013-07-23
Section
Articles
Abstract Views: 145
PDF Downloads: 249