Penerapan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Komunikasi Yang Beretika Pada Siswa di SMA Negeri 1 Gondang

  • LILIS ERMA SURYANI

Abstract

Yang melatar belakangi penelitian yaitu dalam kehidupan sosial manusia adalah komunikasi. Komunikasi menyentuh segala aspek kehidupan manusia. Untuk memenuhi kebutuhannya manusia menjalin proses interaksi dengan sesama manusia di lingkungan masyarakat yang biasanya disebut dengan komunikasi.dari hasil wawancara yang peneliti lakukan dengan guru BK di SMA Negeri 1 Gondang pada tanggal 11 Januari 2013 di dapatkan hasil bahwa kebanyakan  siswa terutama siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Gondang yang mengalami penurunan etika dalam berkomunikasi

Tujuan yang ingin di peroleh dari penelitian ini adalah untuk menguji penggunaan teknik sosiodrama dalam meningkatkan komunikasi yang beretika pada siswa di SMA Negeri 1 Gondang.

Di dalam penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimental dengan One group pre-test dan post-test design. Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XI.IPS 1 SMA Negeri 1 Gondang yang mengalami komunikasi yang rendah yang berjumlah 6 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah menggunakan angket. Di mana angket tersebut bertujuan untuk mengetahui siswa yang mengalami komunikasi beretika yang rendah. Teknis analisis data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah statistik nonparametrik dengan menggunakan uji uji tanda.

Berdasarkan hasil dari uji tanda dapat diketahui bahwa  hasil skor pre-test (XB)ke skor  post-test(XA) mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa p=0,016 lebih kecil dari α=0,05. Sehingga ada perbedaan antara skor pre-test dan skor post-test.  Perbedaan itu berdasarkan hasil perhitungan rata-rata skor pre-testadalah 4500 dan hasil post-test adalah 5790 jadi selisih rata-rata hasil pre-test dan post-test  adalah 1290dapat disimpulkan bahwa Ha dapat diterima dengan baik, yaitu berarti teknik sosiodrama dapat meningkatkan komunikasi yang beretika pada siswa dengan guru di SMA Negeri 1 Gondang.

Kata kunci: Teknik sosiodrama, komunikasi yang beretika

Published
2013-07-24
Section
Articles
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 149