HUBUNGAN SELF-ESTEEM DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 30 SURABAYA

  • LAILATUL MAGHFIROH
  • TITIN INDAH PRATIWI

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah pada prestasi peserta didik, dimana peserta didik memiliki pencapaian prestasi yang rendah sehingga seringkali nilai akademiknya tidak sesuai harapan. Fenomena ini merujuk pada rendahnya tingkat motivasi berprestasi disertai dengan beberapa faktor lain pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 30 Surabaya. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan adakah hubungan antara self-esteem dan dukungan keluarga dengan motivasi berprestasi peserta didik. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan sampel penelitian terdiri dari 209 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 30 Surabaya. Analisis data yang digunakan adalah korelasi Kendall’s Tau untuk dua variabel dan korelasi Kendall’s W untuk tiga variabel. Hasil dari analisis data korelasi kendall’s tau antara self-esteem dengan motivasi berprestasi menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,848 dan taraf signifikasi sebesar 0,000, dukungan keluarga dengan motivasi berprestasi sebesar 0,797 dan taraf signifikasi 0,000 serta self-esteem dengan dukungan keluarga sebesar 0,817 dan taraf signifikasi 0,000. Hasil analisis Kendall’s W secara bersama-sama antara tiga variabel menunjukkan nilai signifikasi 0,000 dan kefisien korelasinya 0,788 yang menunjukkan bahwa self-esteem dan dukungan keluarga secara bersama-sama berhubungan secara signifikan dengan motivasi berprestasi. Perlu adanya usaha pengembangan lingkungan belajar yang sehat dan suportif bagi peserta didik agar dapat mencapai perkembangan yang optimal di sekolah. Serta perlu adanya langkah besar yang harus diambil oleh orang tua agar dapat mendorong motivasi berprestasi pada peserta didik. Kata Kunci: Self-esteem, Dukungan Keluarga, Motivasi Berprestasi
Published
2020-05-13
Section
Articles
Abstract Views: 277
PDF Downloads: 432