Penerapan Konseling Kelompok kognitif perilaku Untuk Meningkatkan Harga Diri

  • MARIS LAILY SAFA'ATI

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat harga diri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan pada skor tingkat harga diri siswa kelas X-3 SMAN 1 Baureno-Bojonegoro sesudah penggunaan konseling kelompok kognitif perilaku. Angket harga diri digunakan untuk mengukur tingkatan harga diri siswa. Dari angket harga diri dinyatakan bahwa yang menjadi subyek pada penelitian ini adalah delapan siswa kelas X-3 yang memiliki harga diri rendah. Penelitian ini menggunakan desain pre-post test one group design. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik non-parametrik dengan uji tanda. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa ρ = 0,004 lebih kecil dibanding α = 0,05. Dengan demikian maka ada perbedaan antara skor pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui rata-rata pre-test 110,75 dan rata-rata post-test 141,88. Sehingga terdapat perbedaan skor rata-rata antara pre-test dan post-test sebanyak 31,13. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa penerapan konseling kelompok kognitif perilaku dapat meningkatkan harga diri siswa X-3 SMAN 1 Baureno-Bojonegoro.

Kata Kunci : Konseling Kelompok Kognitif Perilaku, Harga Diri Siswa

Published
2013-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 86