HUBUNGAN SELF EFFICACY DAN KONSEP DIRI DENGAN KECEMASAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 59 SURABAYA

  • NIDA RANTHEZA FADHILA
  • TITIN INDAH PRATIWI

Abstract

Penelitian ini dilatarbeakangi masalah mengenai rendahnya kecemasan sosial yang dimiliki peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 59 Surabaya. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan self efficacy dan konsep diri dengan kecemasan sosial pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel penelitian yang berjumlah 91 siswa kelas VIII di SMP Negeri 59 Surabaya. Dalam penelitian ini menggunakan product moment dan korelasi berganda sebagai analisis data. Dari analisis data tersebut diperoleh hasil antara self efficacy dengan kecemasan sosial menunjukkan koefisien korelasi sebesar - 0,498 dan taraf signifikansi 0,000, konsep diri dengan kecemasan sosial sebesar -0,383 dan taraf signifikansi 0,000 serta self efficacy dengan konsep diri sebesar -0,491 dan taraf signifikansi 0,000. Sedangkan hasil korelasi berganda antara self efficacy dan konsep diri dengan kecemasan sosial menunjukkan nilai korelasi koefisien sebesar 0,523 dan taraf signifikansi 0,000 dan hal ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara self efficacy dan konsep diri dengan kecamasan sosial. Hal ini menunjukkan bahwa perlu adanya keyakinan dan gambaran yang tinggi agar dapat menurunkan kecemasan yang ada pada dirinya. Kata Kunci: Self Efficacy, Konsep diri, Kecemasan Sosial
Published
2020-05-13
Section
Articles
Abstract Views: 242
PDF Downloads: 835