PENERAPAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK JOURNALING UNTUK MENINGKATKAN PENGELOLAAN EMOSI PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 11 SURABAYA

  • YULIAN ARIFATUL HASANAH
  • TITIN INDAH PRATIWI

Abstract

Latar belakang dilakukan penelitian ini yaitu berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa sebagian besar remaja belum bisa mengungkapkan emosinya dengan baik, sehingga masih ada individu yang memiliki pengelolaan emosi yang rendah. Hasil pre-test menunjukkan terdapat 6 peserta didik yang masuk kedalam kategori rendah dalam pengelolaan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah konseling kelompok dengan teknik Journaling dapat meningkatkan pengelolaan emosi pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan one group pre-test post-test design dan dianalisis menggunakan metode uji paired sample t-test. Proses konseling kelompok dilakukan sebanyak 7 kali pertemuan dan pada tiap pertemuan dilakukan selama 45 menit. Setelah diberikan perlakuan terdapat perubahan skor pada tiap subjek yang diketahui melalui hasil post-test. 3 subjek masuk kategori tinggi, 2 subjek masuk kategori sedang dan terdapat 1 subjek yang masih masuk kategori rendah. Dari hasil analisis menggunakan uji paired sample t-test, diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,019. Nilai tersebut lebih kecil dibandingkan 0,05, jadi dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Maka, konseling kelompok teknik Journaling dapat meningkatkan pengelolaan emosi pada peserta didik di SMA Negeri 11 Surabaya. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam hal pengelolaan emosi. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Journaling, Pengelolaan Emosi
Published
2020-05-13
Section
Articles
Abstract Views: 489
PDF Downloads: 1143