PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SHAPING UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII DI UPT SMP NEGERI 29 GRESIK

  • RIZKI ISNUGRAHANI
  • TITIN INDAH PRATIWI

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu berdasarkan hasil wawancara dengan guru BK dan melakukan penyebaran angket tanggung jawab belajar kepada 100 siswa kelas VIII yang menunjukkan 25 % siswa UPT SMP Negeri 29 Gresik mengalami tanggung jawab belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa melalui konseling kelompok dengn teknik shaping yang didalamnya diberikan reinforcement untuk mempertahankan perilaku baru yang muncul. Munculnya penelitian ini dilator belakangi oleh fenomena yang terjadi yaitu, 1) tidak ada niat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru secara jujur, 2) siswa kurang memanfaatkan waktu belajar dengan baik dan benar. Belajar harus dilakukan dengan rasa tanggung jawab agar hasil yang diperoleh dapat memuaskan diri dan menjadi kebanggan diri pribadi. Melalui teknik shaping diharapkan dapat meningktkan tanggung jawab belajar siswa. Kategori dalam penelitian ini yaitu peneltiaan kuantitatif pre-experimental dengan one group pretest and post-test design. Metode pengumpulan data melalui angket tanggung jawab belajar siswa. Subjek dalam penilitian ini adalah siswa kelas VIII-B di UPT SMP Negeri 29 Gresik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic non-parametrik dengan metode uji Paired Sample t Test. Berdasarkan dari hasil uji Paired Sample t Test, diketahui nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,035 lebih kecil dari 0,05 dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling kelompok dengan teknik shaping dapat meningkatkan tanggung jawab belajar siswa di kelas VIII-B UPT SMP Negeri 29 Gresik. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat memberikan saran kepada guru BK atau Konselor dapat menggunakan teknik shaping dalam konseling kelompok untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa. Penelitian ini terbuka untuk dikaji ulang dengan metode dan sampel berbeda. Kata Kunci: shaping, tanggung jawab belajar, konseling kelompok
Published
2020-05-14
Section
Articles
Abstract Views: 170
PDF Downloads: 347