STUDI TENTANG RESILIENSI PESERTA DIDIK KORBAN LABELLING

  • Riska Hidayah
  • ARI KHUSUMADEWI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resiliensi peserta didik korban labelling, yang berfokus pada faktor pendukung resiliensi, tahap proses resiliensi, dan dampak labelling terhadap peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah empat peserta didik korban labelling tetapi tetap resilien dan sumber penelitian berasal dari data primer serta skunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan serta verivikasi. Temuan dari penelitian ini adalah ke empat subjek penelitian memiliki faktor pendukung resiliensi dan, tahap resiliensi yang dicapai oleh ke empat subjek berbeda-beda. Hal ini dapat dilihat dari faktor pendukung resiliensi yang di miliki oleh setiap individunya. Semakin banyak faktor pendukung yang dimiliki, maka akan semakin resilien individu tersebut. Dampak yang terjadi karena labelling berupa dapak psikologis dan emosional serta dampak sosial. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa, resiliensi bagaikan kekuatan dasar yang menjadi pondasi pada diri seseorang dalam menghadapi kesulitan, dengan demikian hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai informasi bagi guru, orang tua maupun peserta didik itu sendiri, sehingga dapat memberikan pandangan mengenai betapa pentingnya memahami dan menerima perbedaan demi terciptanya individu yang resilien dan hubungan sosial yang harmonis. Kata Kunci : Resiliensi, Peserta Didik, Labelling
Published
2020-05-14
Section
Articles
Abstract Views: 201
PDF Downloads: 314