TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KOMENTAR DI MEDIA SOSIAL

  • NURIL FITRI RODIANA
  • ARI KHUSUMADEWI

Abstract

Perilaku menulis komentar negatif merupakan perilaku kurang kontrol diri dalam menggunakan media sosial yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Akibatnya adalah penggunaan etika dalam berbahasa dan penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) semakin dikesampingkan. Tujuan penelitian ini untuk menguji keefektifan penggunaan teknik self control dalam konseling kelompok untuk meningkatkan keterampilan menulis komentar positif di media sosial. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan salah sat rancangan pra-eksperimen, yakni Single Subject Design A-B. Subject penelitian adalah enam peserta didik di SMAN 1 Kamal yang teridentifikasi memiliki perilaku menulis komentar negatif di media sosial yang tinggi. Data penelitian diukur melalui wawancara dan observasi serta dianalisis berdasarkan frekuensi dan durasi perilaku subject. Hasil dari analisis yang sudah dilakukan oleh peneliti pada level stabilitas menunjukkan bahwa subyek S pada fase baseline (A) sebesar 85% menjadi 42% (B), subyek R pada fase baseline (A) sebesar 85% menjadi 71% (B), subyek D pada fase baseline (A) sebesar 85% menjadi 71% (B), subyek M pada fase baseline (A) sebesar 85% tetap 85% pada fase intervensi (B), subyek A pada fase baseline (A) sebesar 85% menjadi 57% (B), dan subyek F pada fase baseline (A) sebesar 85% menjadi 28% (B).Dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan skor dari perilaku menulis komentar negatif dimedia sosial setelah diberikan konseling kelompok dengan teknik self control

Kata Kunci: Konseling Kelompok, Teknik Self Control, Perilaku Menulis Komentar di Media Sosial
Published
2020-05-14
Section
Articles
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 1525