HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DENGAN CARA PENYELESAIAN KONFLIK INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI SMK MAHARDHIKA

  • FAJAR BILQIS

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini dimulai dari hasil angket studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa 100% dari 106 siswa kelas XI AK SMK Mahardhika Surabaya pernah mengalami konflik interpersonal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara persepsi dengan cara penyelesaian konflik interpersonal pada siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Mahardhika Surabaya. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Analisis data menggunakan statistik non parametrik yaitu korelasi product moment dari Pearson. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AK yang berjumlah 97 siswa. Setelah dilakukan analisis dengan menggunakan korelasi product moment dari Pearson dengan diketahui nilai N = 97, maka diperoleh rhitung 0,367 dengan rtabel pada taraf signifikan5% = 0,195 dan rtabel pada taraf signifikan1% = 0,256. Hal ini dapat disimpulkan bahwa harga 0,256 > 0,367 > 0,195 (rtabel1% > rhitung > rtabel 5%). Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima, hasil penelitian korelasi antara X dan variabel Y adalah signifikan, dan interpretasi korelasi termasuk pada kategori rendah. Pengaruh persepsi dengan cara penyelesaian konflik interpersonal sebesar 13,47% dan sisanya 86,53% ditentukan oleh variabel prinsip, pemahaman, kesiapan, pertahanan diri, dan keterampilan siswa dalam pemecahan masalah konflik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa “Ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi dengan cara penyelesaian konflik interpersonal pada siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Mahardhika Surabaya, yaitu sebesar 13,47% atau termasuk pada kategori rendah.”

Kata Kunci: persepsi, cara penyelesaian konflik interpersonal

Published
2013-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 74