PENGEMBANGAN PAKET BIMBINGAN MANAJEMEN KONFLIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONFLIK DAN SIKAP POSITIF DALAM MENGHADAPI KONFLIK INTERPERSONAL SISWA

  • DWI ARMA SETYANA

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan seperangkat paket bimbingan manajemen konflik interpersonal untuk mengetahui akseptabilitas dan kemampuan paket bimbingan manajemen konflik dalam meningkatkan pemahaman dan sikap positif siswa terhadap konflik interpersonal siswa. Produk yang dihasilkan terdiri dari 2 penggalan, yaitu penggalan 1 berupa paket bimbingan manajemen konflik interpersonal untuk konselor dan penggalan 2 berupa paket bimbingan manajemen konflik interpersonal untuk siswa.

Pengembangan paket bimbingan manajemen konflik interpersonal ini dilakukan dengan mengadaptasi tahapan model pengembangan Borg & Gall, yang mencakup (1) penelitian pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji akseptabilitas (kegunaan, kelayakan dan ketepatan) kepada ahli materi dan calon pengguna, (5) evaluasi dan revisi, dan (6) uji lapangan kepada kelompok kecil (32 siswa). Selanjutnya hasil pengumpulan data tersebut dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.

Hasil analisis akseptabilitas paket bimbingan manajemen konflik interpersonal menunjukkan persentase rata-rata 79,33 % dengan kategori baik. Sedangkan dari analisis efektifitas, hasil penghitungan t pemahaman siswa = 34,4 dan hasil t skala sikap siswa = 14,43. Dengan db=31, hasil t hitung dibandingkan dengan t tabel taraf 5% yaitu sebesar 2,042. Maka diketahui t hitung = 34,4 > t tabel = 2,042. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa paket bimbingan manajemen konflik interpersonal telah memenuhi kriteria akseptabilitas yang meliputi kegunaan, kelayakan dan ketepatan untuk diberikan kepada siswa SMA dan dapat meningkatkan pemahaman terhadap konflik dan sikap positif siswa terhadap konflik interpersonal.

Kata Kunci: konflik, konflik interpersonal, manajemen konflik

Published
2013-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 104
PDF Downloads: 287