PENERAPAN TEKNIK LOGOTERAPI UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI PESERTA DIDIK DI SMPN 29 GRESIK BIDANG AKADEMIK
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah logoterapi efektif untuk meningkatkan efikasi diri peserta didik di SMPN 29 GRESIK. Peneliti telah melakukan studi pendahuluan di SMPN 2 Gresik, Surabaya. Studi pendahuluan dilakukan melalui penyebaran kuesioner/ angket di kelas VIII A yang terdiri dari 29 peserta didik, dan didapatkan hasil: peserta didik yang memiliki efikasi diri yang rendah sebanyak 5 anak dibagi dengan jumlah peserta didik 29 dikali 100% dan didapatkan hasil 17, 162%, efikasi diri yang sedang sejumlah 17 anak dibagi jumlah peserta didik sebanyak 29 dikali 100% dan didapatkan hasil 58,621%, dan efikasi diri kategori tinggi sejumlah 7 anak dibagi 29 anak dikali 100% didapatkan hasil 16,138%. Dari penjelasan yang telah dipaparkan maka peneliti ingin menerapkan teknik logoterapi untuk dapat menaikkan efikasi diri peserta didik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa data post-test lebih tinggi dari pada data pre-test karena nilai mean hasil data penyebaran angket pre-test 56,50 <post-test 73,00, maka secara deskriptif ada perbedaan rata- rata hasil penyebaran angket efikasi diri sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian akhir pada peserta didik di SMPN 29 Gresik adalah paired sample t test diketahui nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,001 < 0,05 maka Hₒ ditolak dan Hₐ diterima. Sehingga dapat disimpulkan pada analisis data penelitian ini bahwa ada perbedaan rata- rata pre-test dan post-test tingkat efikasi diri pada peserta didik sebelum dan sesudah diberikan perlakuan konseling individu teknik Logoterapi.
Kata kunci: logoterapi, efikasi diri
PDF Downloads: 704