PENGEMBANGAN MATERI LAYANAN ORIENTASI BERBASIS MEDIA BLOG PADA SISWA SMK NEGERI 4 SURABAYA

  • PUTRI VIRGO ERNAWATI

Abstract

Secara umum layanan orientasi dibutuhkan siswa baru untuk memperoleh informasi tentang sekolah dan bimbingan konseling sebagai pemahaman untuk beradaptasi. Pengenalan lingkungan sekolah dapat tercapai secara utuh bila layanan orientasi dilakukan dengan optimal. Dengan adanya pengembangan materi layanan orientasi berbasis media blog “BK for SMK Negeri 4 Surabaya” diharapkan dapat mengoptimalkan layan

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan R&D (research and development) atau penelitian pengembangan yang menghasilkan suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi layanan orientasi berbasis media blog yang berisi mengenai informasi tentang sekolah dan bimbingan konseling sebagai upaya inovatif dalam pemberian layanan orientasi pada siswa SMK Negeri 4 Surabaya yang dapat diterima dari segi kepraktisan dan kemenarikan. Media tersebut dikembangkan dengan memenuhi kriteria kelayakan materi layanan orientasi berbasis media blog.

Hasil penelitian yang diperoleh dari validasi yang menunjukkan bahwa materi layanan orientasi berbasis media blog “BK for SMK Negeri 4 Surabaya” memenuhi kriteria kelayakan dengan skor total 81,48%. Skor tersebut diperoleh dari hasil uji ahli materi, ahli media dan calon pengguna termasuk kategori sangat baik dan tidak perlu direvisi. Dengan demikian materi layanan orientasi berbasis media blog “BK for SMK Negeri 4 Surabaya” layak digunakan dan dikembangkan pada siswa SMK Negeri 4 Surabaya.

 

Kata Kunci: layanan orientasi, media blog

Published
2013-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 128