LAYANAN INFORMASI KARIER MELALUI MEDIA PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN KEMANTAPAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN STUDI LANJUT SISWA KELAS XI IPA-2  SMAN 1 MENGANTI

  • HANIM MUJIDATUL IFFAH

Abstract

Pengambilan keputusan studi lanjut bagi siswa sekolah menengah atas penting untuk diperhatikan. Pengambilan keputusan studi lanjut sangat menentukan kesiapan individu untuk kesiapan karier setelah lulus kuliah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji layanan informasi karier melalui media permainan monopoli dalam meningkatkan kemantapan pengambilan keputusan studi lanjut siswa kelas XI IPA-2 SMAN 1 Menganti.

Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental dengan jenis One-Group Pre-test and Post-test design. Subyek penelitian ini adalah 30 siswa kelas XI IPA-2 SMAN 1 Menganti yang memiliki kemantapan pengambilan keputusan studi lanjut rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket kemantapan pengambilan keputusan studi lanjut. Analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik dengan memperhatikan dua syarat yaitu uji normalitas dan uji homogen, setelah dilakukan kedua uji tersebut selanjutnya melakukan analisis statistik parametrik dengan menggunakan uji t. Dari hasil analisis data dengan menggunakan t-test menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 2,9 dan ttabel dengan taraf signifikasi 5% dan db=28 adalah 2,048. Dengan kata lain thitung= 2,9 lebih besar dari ttabel = 2,048 (2,9 > 2,048), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisis data yang diperoleh menunjukkan ada perbedaan skor antara hasil pre-test dan post-test. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan skor kemantapan pengambilan keputusan studi lanjut antara sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi karier melalui media permainan monopoli. Berdasarkan hasil perhitungan mean pre-test sebesar 136,47 dan mean post-test sebesar 144,8 dan selisih antara mean pre-test dan mean post-test sebesar 8,33. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan informasi karier melalui media permainan monopoli dapat meningkatkan kemantapan pengambilan keputusan studi lanjut siswa kelas XI IPA-2 SMAN 1 Menganti.

 

Kata kunci : layanan informasi melalui media permainan monopoli, kemantapan pengambilan keputusan studi lanjut

Published
2013-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 250