HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP LAYANAN KONSELING INDIVIDU DAN KINERJA KONSELOR DENGAN MOTIVASI SISWA DALAM MELANJUTKAN HUBUNGAN KONSELING INDIVIDU

  • LINA MASFUFAH

Abstract

Setiap siswa memiliki motivasi yang berbeda terhadap layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Hal tersebut dipengaruhi oleh adanya persepsi siswa terhadap layanan konseling individu serta kinerja konselor di sekolah. Dampak dari hal tersebut yakni siswa akhirnya akan berpersepsi dan memiliki motivasi yang rendah untuk melanjutkan hubungan konseling individu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji ada tidaknya hubungan antara persepsi siswa terhadap layanan konseling individu dan kinerja konselor dengan motivasi siswa dalam melanjutkan hubungan konseling individu.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 48 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Analisis data yang digunakan korelasi ganda. Hasil analisis data menerangkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap layanan konseling individu dengan motivasi siswa dalam melanjutkan hubungan konseling individu karena r tabel (5%=0,284) ≤ (r empirik 0,585) ≥ r tabel (1%=0,368) dan ada hubungan yang signifikan antara kinerja konselor dengan motivasi siswa dalam melanjutkan hubungan konseling individu karena r tabel (5%=0,284) ≤ (r empirik 0,663) ≥ r tabel (1%=0,368) dan ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap layanan konseling individu dengan kinerja konselor karena r tabel  (5%=0,284) ≤ (r empirik 0,702) ≥ r tabel (1%=0,368) serta ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap layanan konseling individu dan kinerja konselor dengan motivasi siswa dalam melanjutkan hubungan konseling individu karena harga F empirik terbukti lebih besar daripada F teoritik baik pada taraf 5% maupun 1% yaitu 19, 782 ≥ 3,20 pada taraf 5% dan 19, 782 ≥ 4,68 pada taraf 1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap layanan konseling individu dan kinerja konselor dengan motivasi siswa dalam melanjutkan hubungan konseling individu.

Kata kunci : Persepsi siswa terhadap layanan konseling individu, persepsi siswa terhadap kinerja konselor, motivasi siswa dalam melanjutkan hubungan konseling individu.

Published
2013-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 84