PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 1 NGARIBOYO

  • NINDIA HARNES PRIMA AIDHA

Abstract

Remaja adalah masa yang penting dalam hal prestasi. Di dalam kegiatan belajar, anak memerlukan motivasi. Motivasi dan belajar merupakan dua hal yang saling mempengaruhi. Belajar adalah perubahan tingkah laku secara relatif permanen dan secara potensial terjadi sebagai hasil dari praktik atau penguatan yang dilandasi tujuan untuk mencapai tujuan tertentu.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Ngariboyo. Penelitian ini menggunakan rancangan pre ekperimental berupa one group pretest-posttest design. Cara menentukan subjek penelitian dengan menggunakan teknik jenis purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah 8 siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Ngariboyo yang memiliki kategori rendah pada skor motivasi belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket motivasi belajar. Jenis angket yang digunakan adalah angket tertutup. Analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan uji tanda. Setelah diadakan analisis dengan menggunakan uji tanda, dapat diketahui bahwa ρ = 0,004 lebih kecil dari α sebesar 5% = 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan motivasi belajar sebelum dan sesudah penerapan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok. Berdasarkan hasil penghitungan mean pre-test sebesar 165,6, mean post-test sebesar 210,8 dan selisih antara mean pre-test dan post-test sebesar 45,2. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Dan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yang berbunyi “penerapan bimbingan kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Ngariboyo dapat diterima.” Hasil analisis menunjukkan bahwa teknik diskusi dalam layanan bimbingan kelompok dapat membantu meningkatkan motivasi belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan tingkat motivasi belajar siswa setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan teknik diskusi kelompok dalam layanan bimbingan kelompok.

 

Kata Kunci : Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi, Motivasi Belajar

 

Published
2013-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 182
PDF Downloads: 385