PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN STRATEGI REFRAMING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA MENGIKUTI PELAJARAN DI KELAS DI SMP NEGERI 1 KANDAT ARTIKEL

  • ERINA LATIFAH U.

Abstract

Penelitian ini berawal dari ditemukanya masalah pada siswa di SMP Negeri 1 Kandat yaitu adanya motivasi rendah mengikuti pelajaran di kelas karena ketidanyamananya dengan kondisi kelas yang ramai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa konseling kelompok dengan strategi reframing dapat meningkatkan motivasi siswa mengikuti pelajaran di kelas di SMP Negeri 1 Kandat. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian pre-test dan post-test one group design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengukur hasil dari perlakuan penerapan konseling kelompok dengan strategi reframing. Subyek penelitian ini adalah 7 siswa di kelas VIII-C SMP Negeri 1 Kandat. Berdasarkan hasil analisis statistik non parametrik dengan uji tanda maka dapat diketahui N = 7 dan X = 0. Tabel harga X dalam tabel binominal menunjukn bahwa  N = 7 diperoleh ρ = 0.008. Harga ini lebih kecil dari pada α dan berada pada daerah penolakan untuk α = 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa hipotesis statistik yang berbunyi konseling kelompok dengan strategi reframing dapat meningkatkan motivasi siswa mengikuti pelajaran di kelas di SMP Negeri 1 Kandat. Hasil analisis uji tanda “penerapan konseling kelompok dengan strategi reframing dapat meningkatkan motivasi siswa mengikuti pelajaran di kelas di SMP Negeri 1 Kandat” dapat diterima. Di lihat dari hasil rata-rata pre-test 141,14 dan post-test 175,71, jadi penerapan konseling kelompok dengan strategi reframing dapat meningkatkan motivasi siswa mengikuti pelajaran di kelas di SMP Negeri 1 Kandat.

Kata kunci : Konseling Kelompok, Strategi Reframing, Motivasi Mengikuti Pelajaran Di Kelas

Published
2013-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 28