PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MEMBANTU MENINGKATKAN KEMAMPUAN HUBUNGAN INTERPERSONAL SISWA

  • RIZKI NURSAFITRI

Abstract

Manusia adalah makhluk sosial. Hal tersebut mengandung arti bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri dan selalu menjalin hubungan dengan orang lain, baik dia orang tua, dewasa, anak-anak maupun remaja. Keperluan menjalin hubungan dengan orang lain dan setiap lingkungan yang dihadapi akan membawa siswa ke arah perkembangan diri yang lebih baik. Sebab seseorang berinteraksi hanya sekadar menyampaikan isi pesan tetapi dia juga menentukan kadar hubungan interpersonal. Sehingga makin baik hubungan interpersonal, makin terbuka orang untuk mengungkapkan dirinya, makin cermat persepsinya tentang orang lain dan persepsi dirinya, sehingga makin efektif komunikasi yang berlangsung diantara komunikan.

Tujuan penelitian ini adalah menguji penerapan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk membantu meningkatkan kemampuan hubungan interpersonal siswa yang rendah. Hubungan interpersonal perlu ditingkatkan agar dalam hubungan sosial dengan orang lain dapat mencapai perilaku sosial yang bertanggungjawab. Penelitian ini menggunakan rancangan Pre-Experiment design berupa  Pre-Test dan Post-Test One Group Design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Angket tersebut digunakan untuk mencari data tentang kemampuan hubungan interpersonal siswa yang rendah. Dari hasil angket yang disebarkan di kelas VIII H SMPN 1 Babat-Lamongan ditemukan 7 siswa dari 30 siswa yang memiliki kemampuan hubungan interpersonal rendah. Perlakuan diberikan pada siswa yang mempunyai kemampuan hubungan interpersonal rendah dengan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Metode analisis data yang digunakan adalah uji tanda(Sign-Test).

Hasil rata-rata pre tes 100 dan post test 118, yang berarti menunjukkan selisih  adanya perubahan skor hubungan interpersonal dari sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Dengan demikian pernyataan hipotesis “Ada peningkatan kemampuan hubungan interpersonal siswa antara sebelum dan sesudah penerapan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan hubungan interpersonal siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Babat-Lamongan.

Melihat selisih rata-rata pre test dan post test sebesar 18, maka bagi peneliti lain untuk menambah perlakuan dengan beberapa pertemuan lagi supaya hasil yang didapatkan lebih sesuai dengan yang diharapkan peneliti.

 
 

Kata Kunci: Sosiodrama, Hubungan Interpersonal

 

Published
2013-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 500
PDF Downloads: 741