PENERAPAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK RASIONAL EMOTIF PERILAKU UNTUK MENINGKATKANSELF ESTEEM SISWA KELAS XI IPS-4 DI SMA NEGERI 1 NGANJUK

  • IFA NANSETYO TRIPAMUNGKAS

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah ditemukannya kecenderungan nilai low self esteem pada siswa saat peneliti melakukan penyebaran angket Daftar Cek Masalah yang mengandung unsur indikator ciri self esteem. Hasil analisis data menggambarkan sebanyak 56% siswa mengalami rasa kurang percaya diri, 40% siswa merasa mudah tersinggung, serta 33% siswa merasa menyesal pada diri sendiri dan merasa dirinya kurang menarik. Dari data yang telah didapatkan, kelas yang memiliki ciri low self esteem paling banyak adalah kelas XI IPS 4.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penggunaan konseling kelompok rasional-emotif-perilaku untuk meningkatkan low self esteem pada siswa kelas XI IPS-4 di SMA Negeri 1 Nganjuk.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment dengan metode one group pretest posttest design.Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket. Penentuan subyek dalam peneltian ini adalah dengan menggunakan purposive sample yaitu 8 siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Nganjuk yang teridentifikasi memiliki skor self esteem paling rendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametik dengan munggunakan uji tanda dapat diketahui dalam tabel tes binomial dengan ketentuan N = 8 dan x =.0 (z), maka diperoleh  p (kemungkinan harga di bawah Ho) = 0,04. Bila dalam ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa harga 0,04 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan skor self esteem sebelum dan sesudah penerapan konseling kelompok rasional emotif perilaku. Berdasarkan hasil penghitungan diatas meanpre-test sebesar 123,25, meanpost-test sebesar 140,12 dan selisih antara mean pre-test dan post-test sebesar 16,87. Dengan demikian  ditolak dan  diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok  rasional emotif perilaku dapat meningkatkan self esteem siswa kelas XI-IPS 4 di SMA Negeri 1 Nganjuk. 

 

Kata Kunci: Konseling kelompok, Teknik rasional emotif perilaku, Self esteem

Published
2013-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 20