TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI KORBAN PERUNDUNGAN VERBAL SISWA SEKOLAH DASAR

  • ANISA ULTARI LISNANTI
  • ELISABETH CHRISTIANA

Abstract

Dari penelitian yang telah dilaksanakan pada siswa SDN 1 Lakarsantri kelas 5, diperoleh permasalahan perundungan verbal antar teman sebayanya. Intensitas perundungan verbal yang diterima menyebabkan timbulnya pikiran yang irasional terhadap diri maupun teman-temannya. Pikiran yang irasional menyebabkan siswa mengalami kurang percaya diri sehingga kesulitan mengembangkan diri secara optimal. Penelitian ini bertujuan meningkatkan percaya diri akibat perundungan verbal siswa kelas 5 SDN 1 Lakarsantri dengan menggunakan teknik cognitive restructuring. Penelitian menggunakan desain one group pre-test and post-test. Subjek penilitian berasal dari 3 siswa kelas 5 SDN 1 Lakarsantri yang berada di kategori rendah pada tingkat percaya diri akibat perundungan verbal. Untuk menganalisis data dalam penelitian menggunakan paired sample t-test, dengan pertimbangan data berdistribusi normal setelah dilakukan uji normalitas saphiro wilk dengan sig. 0,463 dan 1>0.05. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 37,33 dan rata-rata post-test sebesar 50 dengan perbedaan nilai rata-rata pretest dan post-test sebesar 12,67. Perhitungan data menggunakan paired sample t-test menghasilkan sig.(2tailed)=0,001 dengan batas kritis penelitian 0,05 maka 0,001<0,05 sehingga dapat diambil keputusan Ha diterima dengan melihat hasil perbedaan sebelum perlakuan dan setelah perlakuan. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa “Teknik cognitive restructuring dapat meningkatkan percaya diri pada korban perundungan verbal siswa sekolah dasar pada kelas 5 SDN Lakarsantri 1”.

Kata Kunci: cognitive restructuring, percaya diri, perundungan verbal.
Published
2020-06-03
Section
Articles
Abstract Views: 118
PDF Downloads: 670