HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK

  • SURYA ADHI NUGRAHA
  • EKO DARMINTO

Abstract

Mencapai prestasi belajar yang tinggi di sekolah selalu menjadi harapan peserta didik. Namun, faktanya, tidak semua peserta didik dapat mencapai prestasi belajar yang tinggi. Inteligensi telah diakui oleh para ahli psikologi dan pendidikan sebagai faktor yang paling kuat mempengaruhi prestasi. Namun kkuatan pengaruhnya bergantung pada faktor-faktor lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara faktor lain diluar kecerdasan, yakni motivasi belajar dan dukungan sosial teman sebaya. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif serta rancangan korelasional. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 4 Sidoarjo. Jumlah seluruh anggota populasi adalah sebanyak 360 orang dan sebanyak 186 orang dijadikan sebagai sampel. Sampel ini ditarik melalui teknik disproportionate stratisfies random sampling. Data motivasi belajar dan dukungan sosial diukur melalui skala motivasi belajar dan skala dukungan sosial. Sedangkan data prestasi belajar diambil dari Buku Nilai Sekolah. Analsis data dilakukan melalui metode statistik dengan rumus korelasi ganda. Hasil analisis membuktikan bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan prestasi belajar, antara dukungan sosial temans ebaya dan prestasi belajar. Besaran koefisien korelasi dari masing-masing hubungan tersebut secara berturut-turut adalah 0,950, 0,951, dan 0,997. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah dapat menjadi perhatian bagi guru bimbingan dan konseling untuk terus membantu peserta didik meningkatkan motivasi belajar dan dukungan sosial teman seabaya.

Kata Kunci: motivasi belajar, dukungan sosial teman sebaya, prestasi belajar
Published
2020-06-05
Section
Articles
Abstract Views: 286
PDF Downloads: 424