HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN SELF-EFFICACY AKADEMIK DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 33 SURABAYA

  • IRANDA DWI AFNI OKTAVIA
  • BAMBANG DIBYO WIYONO

Abstract

Penelitian ini membahas motivasi berprestasi, self-efficacy akademik dan hasil belajar yang dimiliki oleh peserta didik. Dalam proses pembelajaran peserta didik sering mengalami hambatan yang dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal sehingga keberhasilan belajar yang diperoleh belum tercapai secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dan self-efficacy akademik dengan hasil belajar di SMP Negeri 33 Surabaya. Jenis penelitian yang digun akan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Metode penelitian ini dilakukan hanya sekali dalam meneliti tiap sampel yaitu dengan menggunakan tipe cross sectional design untuk mengukur variabel satu dengan variabel yang lain secara bersama kemudian menganalisis hasil penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling dengan jumlah sampel 188 peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 33 Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji statistik nonparametrik berupa uji korelasi kendall’s tau-b dan uji korelasi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah hipotesis pertama menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,167, hipotesis kedua menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,225, hipotesis ketiga menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,623, hipotesis keempat menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,324 dengan nilai R square sebesar 0,105.

Kata Kunci: motivasi berprestasi, self-efficacy akademik, hasil belajar
Published
2020-06-05
Section
Articles
Abstract Views: 96
PDF Downloads: 112