PENERAPAN LAYANAN INFORMASI KARIER DENGAN MENGGUNAKAN BUKLET UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PEMILIHAN KARIER SISWA KELAS X-7 MAN RENGEL-TUBAN

  • LAILY PRAFITRI

Abstract

Kemandirian pemilihan karier perlu untuk ditingkatkan karena kemandirian sebagai kebutuhan psikologis merupakan suatu tugas bagi remaja. Dengan kemandirian, remaja harus belajar dan berlatih dalam membuat rencana, memilih alterrnatif lain, membuat keputusan, bertindak sesuai dengan keputusannya sendiri serta bertanggung jawab atas segala sesuatu yang dilakukannya.

Penelitian ini bertujuan menguji penerapan layanan informasi karier dengan menggunakan buklet untuk meningkatkan kemandirian pemilihan karier siswa kelas X-7 MAN Rengel-Tuban. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimental design dengan model pre test-post test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-7 MAN Rengel-Tuban yang memiliki kemandirian pemilihan karier rendah yang berjumlah 6 siswa berdasarkan dari hasil pre test. Untuk menguji validitas angket kemandirian pemilihan karier menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah menggunakan statistik non parametrik yaitu dengan uji tanda. Berdasarkan hasil analisis pre test dan post test angket kemandirian pemilihan karier diketahui bahwa rata-rata skor pre test adalah 113, sedangkan rata-rata jumlah skor post test adalah 122. Sehingga hipotesis yang menyatakan penerapan layanan informasi karier dengan menggunakan buklet dapat digunakan untuk meningkatkan kemandirian pemilihan karier siswa Kelas X-7 MAN Rengel-Tuban dapat diterima.

Dengan adanya bukti kemandirin pemilihan karier setelah diterapkan layanan informasi karier dengan menggunakan buklet, diharapkan konselor menggunakan layanan informasi karier dengan menggunakan buklet sebagai salah satu alternatif dalam membantu siswa yang mengalami kemandirian krier rendah dalam pemilihan kariernya.

 

Kata Kunci : Layanan Informasi, Pemilihan Karier

Published
2013-07-29
Section
Articles
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 110