STUDI TENTANG PENANGANAN SISWA MEMBOLOS DI SMTA NEGERI MAGETAN

  • FIRDA ISTIQOMAH

Abstract

 

Melihat fakta munculnya perilaku membolos siswa yang terjadi dapat diketahui bahwa yang melatarbelakangi tingkah laku membolos yang bermacam – macam memberikan dampak negatif bagi diri sendiri dan sekolah. Untuk itu sangat diperlukan penanganan bagi siswa yang membolos.

 

   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanganan yang dilakukan terhadap siswa yang membolos yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Tingkat Atas Negeri (SMTA N) di kabupaten Magetan. Penelitian ini dilaksanakan di tiga sekolah dengan latarbelakang yang berbeda, yaitu SMA N 3 Magetan, SMK N 1 Bendo dan MA N 1 Takeran.Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk menggambarkan fakta – fakta secara akurat dan sistematis yang terjadi pada saat penelitian. Metode pengumpulan data yang  dipakai adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan uji kredibilitas data  menggunakan triangulasi. Untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang didapat dari pengolahan data menunjukkan bahwa penanganan terhadap siswa yang membolos dilakukan menggunakan pendekatan bimbingan konseling dan pendekatan disiplin yang melibatkan berbagai pihak. Untuk prosedur penanganan tiap sekolah hampir sama  yaitu pengecekan kehadiran siswa, panggilan kepada siswa untuk melakukan konseling individu, panggilan kepada orang tua untuk konferensi kasus, pembuatan surat pernyataan, pemberian skorsing dan yang terakhir adalah dikeluarkan dari sekolah. Pedoman prosedur dari penangananan berdasarkan pada kebijakan yang berlaku dari sekolah masing – masing. Dan dari itu kreatifitas konselor dalam penanganan siswa membolos perlu untuk dikembangkan agar perilaku membolos siswa bisa direduksi.

 

Kata kunci : penangananan, perilaku membolos sekolah.

Published
2013-07-29
Section
Articles
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 70