PERAN KONSELOR DALAM PROSES PILIHAN KARIER SISWA KELAS XII DI SEKOLAH MENENGAH TINGKAT ATAS NEGERI KABUPATEN SAMPANG TAHUN AJARAN 2012-2013

  • NURUL QOMARIYAH

Abstract

Siswa SMTA adalah remaja yang akan memasuki usia dewasa, mereka harus mampu merencanakan karier dan menentukan pilihan kariernya. Keberhasilan siswa dalam merencanakan karir yang tepat tidaklah semudah seperti apa yang dibayangkan, mereka memerlukan bantuan dari banyak pihak. Disinilah peran konselor sebagai pelaksana layanan bimbingan dan konseling sangat dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran konselor dalam proses pilihan karier siswa kelas XII di SMTA Negeri kabupaten Sampang.

Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Alat pengumpul data yang dipakai adalah wawancara yang ditujukan pada konselor dan kepala sekolah, angket yang disebarkan pada siswa dan dokumentasi sebagai pelengkap data. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII, kepala sekolah dan guru BK. Uji kredibilitas data menggunakan teknik trianggulasi data yaitu trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Konselor telah berperan aktif dalam pilihan karier siswa mulai dari perencanaan program, pelaksanaan serta evaluasi dari program yang dilaksanakan. Konselor juga telah bekerjasama dengan banyak pihak baik dari dalam sekolah maupun luar sekolah untuk membantu siswa menentukan pilihan karier. Serta banyak hambatan yang dihadapi konselor, baik hambatan dari dalam sekolah maupun hambatan dari luar sekolah yaitu hambatan dari orang tua.

Kata Kunci : Peran Konselor, Pilihan Karier

Published
2013-07-29
Section
Articles
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 26