STUDI KEPUSTAKAAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB “ SCHOOL REFUSAL” DI SEKOLAH DASAR

  • MIRTA DWI LESTARI
  • MOCHAMAD NURSALIM

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kepustakaan yang bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku school refusal pada anak di sekolah dasar. Seperti yang kita tahu, school refusal merupakan permasalahan yang seringkali menjadi keluhan orang tua dan menimbulkan kekhawatiran karena anak mereka enggan menghadiri sekolah. Roscommon CAMHS dkk menyebutkan bahwa kasus penolakan sekolah memang bukan hal yang baru karena kebanyakan anak pasti pernah mengalami permasalahan seperti ini. Penelitian terkait school refusal memang sudah banyak dilakukan oleh civitas-civitas akademik dan dimuat dalam jurnal bertaraf nasional maupun internasional. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode dokumentasi dengan teknik analisis yakni analisis isi. Peneliti menggunakan teknik analisis isi dengan tujuan untuk menjaga keakuratan tinjauan pustaka dan untuk menghindari adanya kesalahan informasi. Hasil penelitian ini tersusunnya kajian mengenai faktor-faktor penyebab school refusal dengan mengacu pada komponen-komponen dari 23 artikel yaitu terdapat beberapa faktor yang menyebabkan penolakan sekolah seperti kecemasan perpisahan, pola asuh orang tua, pengalaman buruk yang bersifat trauma, kesulitan akademik, dan kondisi ekonomi yang rendah.

Kata Kunci: studi kepustakaan, faktor-faktor penyebab, school refusal
Published
2020-06-17
Section
Articles
Abstract Views: 800
PDF Downloads: 1402