PENERAPAN KONSELING KELOMPOK SELF-MANAGEMENT TERHADAP RENDAHNYA PERILAKU SOPAN SANTUN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAPAR

  • KARTIKA PURNAMININGTYAS
  • EVI WININGSIH

Abstract

Sopan santun adalah perilaku seseorang yang menjunjung tinggi hubungan akrab antar masyarakat, saling pengertian, saling menghormati, dan berakhlak mulia yang dianggap sebagai tuntunan perilaku sehari-hari masyarakat itu. Pada penelitian ini, peneliti meneliti rendahnya perilaku sopan santun di sekolah, yaitu meneliti siswa yang memiliki tingkat sopan santun yang rendah. Penelitian ini berfokus pada kelas VIII-D dan VIII-E di SMPN 1 Papar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan perilaku sopan santun bagi siswa di sekolah agar dapat menggugah kesadaran siswa tentang pentingnya penanaman perilaku sopan santun agar dapat berupaya menjadi insan yang berkualitas setelah diberikan strategi self management. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Design dengan menggunakan desain A-B. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi yang ditujukan pada empat subyek. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan keempat subyek mengalami perubahan perilaku sehingga terdapat penurunan rata-rata skor untuk fase baseline maupun fase intervensi dan penurunan tersebut bersifat positif bagi subyek. Dapat disimpulkan terjadi perubahan perilaku sopan santun dari keempat subyek ME, VP, MZF, dan SAA setelah diberikan perlakuan konseling kelompok dengan menggunakan teknik self management.
Kata Kunci: sopan santun, self management, konseling kelompok
Published
2020-06-17
Section
Articles
Abstract Views: 93
PDF Downloads: 1135