STUDI KEPUSTAKAAN TENTANG DAMPAK WABAH COVID-19 TERHADAP KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR (SD)

  • LULUS MUFARIKHAH UMAR
  • MOCHAMAD NURSALIM

Abstract

Terus berkembangnya jumlah masyarakat yang reaktif terhadap virus Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar bagi pendidikan secara nasional. Kebijakan pendidikan jarak jauh menjadi alternatif pendidikan bagi masyarakat untuk mengurangi dampak virus Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari virus Covid-19 bagi siswa sekolah dengan kebijakan untuk menerapkan pendidikan jarak jauh. Penelitian dilakukan dengan penelitian kepustakaan. Sumber data penelitian diperoleh dari berita, artikel, dan jurnal publikasi yang dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis menggunakan analisis isi atas literatur dan artikel yang menjadi sumber data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi pergeseran kegiatan pembelajaran siswa dari secara langsung di sekolah menjadi jarak jauh dari rumah yang berdampak bagi siswa. Siswa mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan pergeseran proses pembelajaran yang berlangsung, kesulitan untuk menyediakan fasilitas pembelajaran jarak jauh, jenuh, tugas menumpuk, hingga peran orang tua yang lebih dominan.

Kata Kunci: Covid-19, Wabah, Pendidikan, Siswa, dan Pendidikan Jarak Jauh.
Published
2020-06-17
Section
Articles
Abstract Views: 1541
PDF Downloads: 1734