PENERAPAN SPIRITUAL EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN SISWA SMA DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL

  • ELVA YUNITA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan metode Spiritual Emotinal Freedom Technique dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk menurunkan kecemasan siswa menghadapi Ujian Nasional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri Olahraga yang terindikasi memiliki skor kecemasan tinggi sebagai kelompok eksperimen dan kelas  XII IPA sebagai kelompok kontrol. Penelitian pada kelompok eksperimen diberikan terapi Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) dalam bimbingan kelompok dengan empat tahapan, yaitu: tahap I pembentukan, tahap II perkenalan lebih lanjut, tahap III kegiatan dan tahap IV pengakhiran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi experiment dengan rancangan non-quivalent control group design. Angket yang dikembangkan sendiri oleh peneliti digunakan untuk mencari siswa yang memiliki skor kecemasan tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan uji jenjang bertanda Wilcoxon Two-Sample Test. Hipotesis penelitian yang berbunyi “Terdapat perbedaan yang signifikan pada skor kecemasan siswa yang menghadapi Ujian Nasional baik yang diberikan terapi SEFT melalui Bimbingan Kelompok dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode konvensional tanpa proses bimbingan kelompok” dapat diterima.

Published
2013-07-30
Section
Articles
Abstract Views: 125
PDF Downloads: 190