PENERAPAN KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MEMBANTU SISWA MENGATASI KESULITAN BELAJAR

  • TRI MAHZUMAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan konseling kelompok realita untuk membantu siswa mengatasi kesulitan belajar. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental desaign dengan rancangan nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah tujuh siswa dari kelas VIII-A sebagai kelompok eksperimen dan tujuh siswa dari kelas VIII-B sebagai kelompok kontrol di SMP Negeri 20 Surabaya yang mengalami kesulitan belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan uji jenjang bertanda Wilcoxon Two-Sample Test. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima atau ada perbedaan skor yang signifikan pada tingkat kesulitan belajar siswa antara kelompok siswa yang diberikan perlakuan dengan konseling kelompok realita dibandingkan dengan kelompok siswa yang diberikan perlakuan dengan metode konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok realita dapat digunakan untuk membantu siswa mengatasi kesulitan belajar.

Published
2013-07-30
Section
Articles
Abstract Views: 132
PDF Downloads: 172