KEEFEKTIFAN STRATEGI REFRAMING UNTUK MEMBANTU SISWA MENGURANGI RASA TAKUT TERHADAP GURU BIMBINGAN KONSELING
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menguji keefektifan strategi reframing sebagai metode konseling untuk mengurangi rasa takut siswa terhadap guru bimbingan konseling. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan menggunakan desain (Nonequivalent Control Group Design). Subyek dari penelitian ini berjumlah dua belas orang siswa SMP Negeri 20 Surabaya yang dipilih dengan Purposive Random Technique yang didiagnosa memiliki skor yang tinggi angket rasa takut siswa pada guru bimbingan konseling. Dengan Random Assigment enam siswa dipilih sebagai kelompok eksperimen dan enam siswa dipilih sebagai kelompok kontrol. Data diperoleh dari angket rasa takut dan dianalisis dengan Uji Jumlah Jenjang Wilcoxon (Wilcoxon Rank Sum Test). Hasil analisis menunjukkan bahwa skor kelompok eksperimen menurun secara signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Ini berarti strategi reframing efektif menurunkan rasa takut siswa terhadap konselor.
PDF Downloads: 29