PENERAPAN KOMBINASI ANTARA TEKNIK INSTRUKSI DIRI DAN FILM PENDEK UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS XI TKR DI SMK ASSA’ADAH BUNGAH

  • KHOIRUN NISWATIN
  • NAJLATUN NAQIYAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan menerapkan teknik kombinasi instruksi diri dan film pendek dapat mengurangi kejenuhan belajar siswa kelas XI TKR di SMK Assa’adah Bungah. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pre-test and post-test. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tingkat kejenuhan belajar yang dialami oleh siswa kelas XI TKR di SMK Assa’adah Bungah. Subjek berjumlah 4 siswa kelas XI TKR di SMK Assa’adah Bungah yang mengalami tingkat kejenuha belajar tinggi. Teknik analisis data yang digunakan berupa statistik non-parametrik dengan menggunakan Uji Paired Sample T-Test atau uji tanda. Hasil analisis uji paired samples test diketahui nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,03 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik kombinasi Instruksi diri dan film pendek dapat mengurangi kejenuhan belajar pada siswa kelas XI TKR di SMK Assa’adah Bungah.

Kata kunci: Kombinasi, Instruksi Diri, Film Pendek, Kejenuhan Belajar.
Published
2020-07-03
Section
Articles
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 13