PENERAPAN LATIHAN ASERTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 NGADIROJO

  • RHINA WIDAYANTI

Abstract

Kemampuan  komunikasi interpersonal merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan individu dalam berinteraksi dengan orang lain. Seorang remaja yang mengalami masalah dalam komunikasi interpersonal bisa menghambat perkembangan remaja, menghambat kreatifitasnya dalam mengisi masa remaja dan kurang maksimal dalam berprestasi di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji penerapan latihan asertif untuk membantu meningkatkan skor kemampuan komunikasi interpersonal siswa pada kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Ngadirojo dengan menggunakan latihan asertif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi experimental design  dengan nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah 8 siswa kelas XI IPS 2 (kelompok eksperimen) dan 5 siswa kelas XI IPS 3 (kelompok kontrol) yang mempunyai skor komunikasi interpersonal rendah. Instrument pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket komunikasi interpersonal yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic nonparametric dengan menggunakan Uji Jumlah Jenjang Wilcoxon. Dari hasil analisis data berdasarkan Uji Jumlah Jenjang Wilcoxon, menunjukkan bahwa n1 > n2 = 8 > 5. Dari tabel nilai R diperoleh R0,05 = 21 dan R0,01 = 17. Pada α = 0,05 ternyata R = 19 < R0,05 = 21, maka diputuskan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis berbunyi  “Skor komunikasi interpersonal siswa antara kelompok siswa yang dibantu dengan latihan asertif meningkat secara signifikan dibandingkan dengan kelompok siswa yang dibantu dengan metode konvensional” dapat diterima.

Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Interpersonal, Latihan Asertif  

Published
2013-08-02
Section
Articles
Abstract Views: 107
PDF Downloads: 147