PENERAPAN STRATEGI PENGELOLAAN DIRI (SELF-MANAGEMENT) UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS X DI MAN JOMBANG

  • MUSTIKA ELVA SEPRINI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji penerapan mediasi sebaya untuk menangani konflik interpersonal siswa kelas X APK di SMK Ketintang Surabaya.

Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan jenis one-group pre-test dan post-test design. Subyek penelitian ini adalah 6 siswa kelas X APK di SMK Ketintang Surabaya yang memiliki konflik interpersonal siswa. Metode pengumpulan data digunakan adalah angket untuk mengetahui cara menangani konflik interpersonal secara konstruktif. Jenis angket yang digunakan adalah angket tertutup dengan 4 pilihan jawaban yang terdiri dari sangat sesuai, sesuai, kurang sesuai dan tidak sesuai. Teknik analisis data yang digunakan untuk statistik non parametrik dengan uji jenjang bertanda wilcoxon.

Hasil penelitian menunjukkan Thitung = 0, tabel nilai kritis T untuk uji jenjang wilcoxon dengan taraf signifikan 5 % dan N = 6 diperoleh Ttabel = 0,016 sehingga Thitung lebih kecil dari pada Ttabel ( 0 < 0,016). Hal ini berarti ada perbedaan signifikan pada skor menangani konflik interpersonal siswa secara konstruktif antara sebelum dan setelah penerapan mediasi sebaya.

Dengan demikian hipotesis penelitian yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan mediasi sebaya dapat diterapkan untuk menangani konflik interpersonal siswa kelas X APK di SMK Ketintang Surabaya.

 

Kata kunci : Mediasi sebaya, Konflik interpersonal siswa.

Published
2013-08-12
Section
Articles
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 47