PENERAPAN KONSELING KELOMPOK REALITA TEKNIK WDEP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-H SMP NEGERI 2 MOJOSARI

  • NURUL RIZQA FAUZIAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penggunaan konseling kelompok realita teknik WDEP untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang rendah. Penelitian ini menggunakan rancangan Pre-Experiment berupa One-Group Pre-test and Post-test Design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Angket tersebut digunakan untuk mencari data mengenai rendahnya motivasi belajar siswa yang rendah. Perlakuan diberikan pada siswa yang memiliki skor motivasi belajar rendah di kelas VIII-H SMP Negeri 2 Mojosari dengan memanfaatkan kegiatan konseling kelompok realita teknik WDEP. Tujuan digunakan teknik ini agar siswa menyadarai tanggungjawabnya sebagai siswa agar lebih meningkatkan motivasinya dalam belajar. Analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan uji tanda.

 Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor motivasi belajar siswa antara sebelum dan sesudah perlakuan setelah diberikan perlakuan berupa konseling kelompok realita teknik WDEP menunjukan arah perubahan yang positif dengan melihat tabel tes binominal dengan ketentuan N= 9 yang diperoleh nilai p= 0,02. Hal ini menunjukkan p=0,002 lebih kecil dari α=0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka Hο ditolak dan Ha diterima.. Selain itu hasil peningkatan skor dari Pre-test (XB) ke Post-test (XA), yang diketahui rata-rata pre-test 207,88dan rata-rata post-test 269,11 menunjukkan adanya peningkatan. Dapat disimpulkan skor motivasi belajar siswa yang rendah meningkat menjadi skor motivasi belajar siswa yang tinggi. Hipotesis yang berbunyi Penerapan konseling kelompok realita teknik WDEP dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 2 Mojosari dapat diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif penggunaan konseling kelompok realita teknik WDEP yaitu peningkatan motivasi belajar siswa setelah diberi perlakuan.

 

 

 

Kata kunci: Konseling Kelompok Realita, Teknik WDEP, Motivasi Belajar.

 

 

Published
2013-08-15
Section
Articles
Abstract Views: 196
PDF Downloads: 322