PENGARUH KONSELING INDIVIDU MELALUI PENDEKATAN REALITA UNTUK MENGURANGI KEBIASAAN DATANG TERLAMBAT SISWA DI SMP NEGERI 1 SUMBEREJO

  • SUKMA DEWI PRIANI

Abstract

Kebiasaan datang terlambat sekolah adalah semua tingkah laku atau tindakan siswa yang tidak tepat atau melebihi waktu yang telah ditentukan oleh pihak sekolah. Kebiasaan datang terlambat bisa memicu masalah seperti tidak mudah fokus terhadap pelajaran, mudah emosi dan bisa menurunkan prestasi belajar siswa. Kondisi ini yang terjadi pada siswa SMP Negeri 1 Sumberejo. Metode pengumpulan data yaitu dengan observasi dan wawancara.Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji penerapan konseling individu melalui pendekatan realita untuk mengurangi kebiasaan datang terlambat siswa di SMP Negeri 1 sumberejo. Penlitian ini merupakan penelitia pra-esperimentaldengan subyek tunggal dengan jumlah subyek tiga orang. Teknik analis data menggunakan analisis visual dalam kondisi

Berdasarkan hasil level stabilitas subyek D pada fase Baseline (A) 20% menjadi 90% pada fese intervensi (B), subyek H pada fase Baseline (A) 80% menjadi 90% pada fese intervensi (B), dan pada subyek B pada fase Baseline (A) 60% menjadi 90% pada fese intervensi (B).level perubahan level menunjukan pada subyek D membaik  (+) , Pada subyek H menurun (-),dan subyek B juga menurun

(-).pada prosentase data overlap subyek D melewati tiga banyaknya data poin pada fase intervensi yaitu 30%, subjek H dan B tidak melewati data poin pada fase intervensi. Maka dapat diketahui adanya perubahan skor kebiasaan datang terlambat siswa sebelum dan sesudah diberikan konseling individu melalui pendekatan realita.

 

Kata kunci : konseling individu dengan pendekatan realita, kebiasaan datang terlambat.

 

 

Published
2013-08-15
Section
Articles
Abstract Views: 109
PDF Downloads: 344